Sabtu, 07 Januari 2012

LDKMK KARANG TARUNA PUTBIN UNIT 02 KEL. MADE


Organisasi merupakan wadah atau alat unrtuk mencapai tujuan dan cita-cita bersama. Dalam sebuah organisasi dibutuhkan seorang pemimpin dan pengurus, dimana pemimpin dan pengurus inilah yang akan mengemudikan kemana arah tujuan dan cita-cita organisasi. Seperti halnya organisasi-organisasi yang lainnya, Karang Taruna adalah organisasi sosial kepemudaan yang lahir dari keinginan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama secara suka rela. Hal ini  sesuai dengan pedoman dasar karang taruna yang berbunyi "Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial" 

Organisasi sosial Karang Taruna pada saat ini dituntuk untuk lebih profesional, lebih maju dalam pengembangan ide dan penguasaan teknologi. Hal ini dikarenakan kompleksnya permasalahan sosial yang berkembang dimasyarakat sebagai akibat dari globalisasi. Permasalahan klasik yang dihadapi Karang taruna adalah lemahnya management, korganisasian, administrasi dan leadership/kepemimpinan.

Karang Taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan yang mempunyai peran strategis dimasyarakat harus mampu menjadi ujung tombak dalam menyuarakan pembangunan. Baik pembangunan fisik, sosial, religi dan lain-lain. Untuk itu pembenahan kekurangan secara terus menerus harus dilakukan agar tercapai profesionalisme dalam tubuh Karang Taruna karena dengan organisasi yang profesional akan memudahkan seluruh pencapaian yang diinginkan bersama.

Untuk memenuhi hal tersebut Karang Taruna PUTRA BINANGUN UNIT 02 Kel. Made selalu mengadakan kegiatan rutin berupa LDKMK (Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Karang Taruna). kegiatan ini dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dasar-dasar keorganisasian dan leadership. Materi yang diberikan antara lain:
  • Keorganisasian
  • Manajemen
  • Administrasi
  • Public speaking
  • Leadership/kepemimpinan
  • Pembinaan mental dan spiritual
  • Game (outbound dan in door) yang berhubungan dengan kebersamaan, pemecahan masalah dan leadership

Output dari kegiatan ini adalah para kader-kader muda dan Pengurus Karang Taruna PUTRA BINANGUN UNIT 02 Kel. Made bisa dan mampu menjalankan organisasi sosial secara profesiaonal dan rapi sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas diri baik secara mental, pedidikan maupun IPTEK serta memiliki jiwa sosial yang tinggi, memiliki jiwa  peimimpin, mampu mendampingi dan memecahkan permasalahan sosial yang ada dimasyarakat dan mampu menciptakan ide-ide kreatif dalam membangun masyarakat secara ekonomi, sosial,dan religi. 

Memang masih kecil peran Karang Taruna PUTRA BINANGUN UNIT 02 dalam masyarakat. Tapi peran yang kecil itu memberikan dampak yang besar karena secara tidak langsung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kami adalah kegiatan strategis. Kader-kader muda yang sudah berkecimpung di organisasi Karang taruna PUTRA BINANGUN UNIT 02 merupakan embrio-embrio potensial dalam melajutkan kepemimpinan dan pembanguan di masyarakat. Dan semua itu adalah hasil dari LDKMK yang  sudah dan selalu akan kita lakukan secara terus-menerus.


Seperti moto kami "RW 02 HEBAT..." kami akan selaluu berusaha menjadi yang terbaik dan terdepan dalam membangun masyarakat. Dan hal tersebut bisa terlaksana dengan organisasi yang profesional dan juga dukungan dari masyarakat serta pihak-pihak terkait. Semoga teman-teman PUTRA BINANGUN UNIT 02 selalu HEBAT dan tetap semangat dalam membangun masyarakat.


DOKUMENTASI KEGIATAN LDKMK KARTAR 
PUTRA BINANGUN UNIT 02 KEL. MADE















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar